Mahasiswa Kehutanan Universitas Gadjah Mada Terpilih sebagai IFSA Youth Delegates di APFW 2016 Filipina
By Admin: Sabtu, 19 Maret 2016 Kategori: Berita
Andreas Ade Kristian (19), mahasiswa S1 Kehutanan UGM terpilih untuk mewakili kaum muda di Asia Pacific Forestry Week 2016 di Clark, Filipina. Dalam acara tersebut ia bergabung dengan lebih dari 1.000 delegasi dari 30 lebih negara mulai dari 22 sampai dengan 26 Februari 2016.
Andre (ketiga dari kiri) bersama delegasi pemuda dari filipina dan indonesia sumber DENR 
Sumber: Michael Jose Mairing
 
The United Nations Food and Agriculture Organization (UNFAO) dan the Asia-Pacific Forestry Commission (APFC), bekerja sama dengan the Philippines Department of Environment and Natural Resources (DENR) dan the International Forestry Student’s Association (IFSA), merupakan pihak-pihak yang memprakarsai acara tersebut, APFW merupakan salah satu acara terbesar dan terpenting di kawasan asia dan pasifik tahun ini. 
 
Bersama dengan delegasi-delegasi lain, Andre mengikuti berbagai kegiatan workshop, seminar, dan berbagai aktifitas lain seperti field trip dan pameran produk kehutanan . Berbagai hal yang menjadi sorotan dalam rangkaian acara di Pekan Kehutanan Asia Pasifik tersebut adalah beberapa masalah utama kawasan seperti mengatasi perubahan iklim dan kehutanan sosial. Para delegasi dari kalangan pemuda juga mengikuti sebuah lokakarya bertajuk Young Foresters’ Summit.
 
Diselenggarakan oleh IFSA lokakarya ini merupakan suatu wadah bagi seluruh rimbawan muda dari seluruh asia dan pasifik untuk berbagi pandangan dan visi mereka mengenai kehutanan di kawasan tersebut. 
 
“Sebagai pemuda kita perlu berkomitmen untuk lebih terlibat dalam sektor kehutanan dan lingkungan, baik di tingkat akar-rumput hingga ke tingkat yang lebih luas seperti berbagai proses-proses internasional seperti APFW ini. Karena jika kita berbicara mengenai “Growing our future – tema dari kegiatan APFW” kita harus lebih memperhatikan peran dan suara kaum muda, karena pemuda adalah masa depan hutan kita” kata Andre. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan kesempatan yang sangat berharga baginya untuk menimba ilmu dan memperluas wawasannya mengenai isu-isu kehutanan  regional dan internasional. 





  • Follows Us