Prospek Kerja



Alumni Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah  Mada tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai profesi. Beberapa dari alumni bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kementerian-kementerian lain yang membutuhkan alumni dari Fakultas Kehutanan, serta dinas-dinas kehutanan di daerah.

Alumni Fakultas Kehutanan juga banyak yang bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di antaranya adalah Perum Perhutani dan PT. Perkebunanan Nusantara.

Perusahaan swasta juga membuka lebar kesempatan kepada alumni Fakultas Kehutanan UGM. Lapangan kerja yang tersedia di antaranya adalah industri yang bergerak dalam bidang kehutanan baik di industri hulu maupun hilir. Banyak alumni yang bekerja dalam mengelola hutan tanaman industri (HTI), pengelolaan hutan alam (IUPHHK-HA), industri pulp dan kertas, industri kayu lapis, industri papan biokomposit, furnitur dan lain-lain. Perusahaan perkebunan juga banyak membutuhkan alumni Fakultas Kehutanan. 

Saat ini juga sedang gencar pengembangan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di daerah yang membutuhkan banyak alumni Fakultas Kehutanan untuk berkontribusi mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari.

Keahlian alumni Fakultas Kehutanan dalam bidang survei lahan juga membuat banyak perusahaan merekrut alumni Fakultas Kehutanan sebagai surveyor.

Adanya tuntutan untuk melakukan pengelolaan hutan lestari dan produk yang tersertifikasi membuat banyak alumni yang bekerja sebagai auditor maupun konsultan.

Selain itu, Profesi pengajar juga dapat menjadi pilihan bagi alumni Fakultas Kehutanan. Beberapa alumni ada yang berprofesi sebagai guru SMK dan ada juga yang menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi di tanah air.

Sektor pertambangan dan migas juga membutuhkan lulusan kehutanan dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi lahan yang telah rusak akibat aktivitas penambangan melalui restorasi, reklamasi, atau rehabilitasi.

Banyak juga alumni yang menjatuhkan pilihan untuk bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)atau Non-governmental Organization (NGO). Alumni Fakultas Kehutanan banyak yang bekerja di LSM yang bergerak dalam berbagai bidang.

Prodi Kehutanan dengan didukung oleh Universitas Gadjah Mada juga mendorong para mahasiswa untuk menjadi wirausahawan. Berbagai fasilitas ditawarkan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam wirausaha. Sudah banyak alumni yang sukses berwirausaha dalam berbagai bidang. 

Selain itu, salah seorang alumni dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada juga telah menjadi orang no. 1 di Indonesia, yaitu Presiden Ir. H. Joko Widodo. 

  • Follows Us